Reading has a lot of advantages for us.....

Therefore, don't be lazzy for reading!

Rabu, 17 Desember 2008

Mau Nglanjutin Ke Mana??

Mau nglanjutin ke mana?? Ke mana setelah SMA?? Perguruan Tinggi mana yang cocok buat kita?? Pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang muncul di benak kita, khususnya anak kelas 3 SMA yang sebentar lagi "melakoni" Ujian Nasional. Memang banyak yang sudah mantap mau nglanjutin ke perguruan tinggi mana. Tapi banyak juga yang saat ini masih bingung mau nerusin ke mana (termasuk aq...hehe). Problematika seperti ini yang sedang dihadapi anak-anak SMA kebanyakan. Hal ini harus dipertimbangkan secara masak-masak because...menentukan masa depan dan cita-cita kita. Bulan-bulan mendekati Ujian Nasional seperti ini seharusnya kita sudah punya tujuan yang jelas. Kita sudah disibukkan dengan tambahan pelajaran, les, bimbangan belajar untuk menghadapi Ujian Nasional yang kita sendiri belum tahu kapan ujian tersebut berlangsung. Gimana nih Pak Bambang Sudibyo?? Tidak seperti dulu-dulu. Tanggal dan bulan ujian sudah ditentukan jauh-jauh hari sehingga siswa dan para guru bisa memanfaatkan waktu yang ada secara efisien. Haruskah seperti ini terus?? Kita seharusnya prihatin terhadap pendidikan Indonesia saat ini. Apalagi kurikulumnya. Sudah tidak saatnya seorang siswa yang hanya mempunyai satu otak, dipaksa harus menguasai lebih dari 12 mata pelajaran!! Gimana kita mau menghasilkan pakar-pakar yang ahli dalam bidangnya jika otak kita setiap hari dijejali pelajaran-pelajaran yang bukan di bidangnya. Kembali ke topik. Waktu-waktu seperti sekarang harus kita gunakan untuk mencari informasi tentang perguruan tinggi di Indonesia yang sesuai dengan angan-angan dan kemampuan kita. Kita harus memilih jurusan yang paling tepat sesuai dengan bidang yang kita kuasai. Alangkah baiknya jika kita bertanya maupun berkonsultasi ke orang tua. Kita diskusikan baik-baik. Jangan sampai orang tua memaksakan jurusan yang bukan di bidang kita. Selain itu, kita juga bisa membicarakannya dengan guru-guru di sekolah kita seperti guru BK (Bimbingan Konseling) atau guru-guru yang bersangkutan. Insya Allah mereka bisa memberikan bantuan atau solusi yang sangat berguna untuk kita ke depannya. Jangan malu untuk bertanya-tanya. Informasi yang banyak sangat kita butuhkan dan itu semua bisa kita peroleh jika kita aktif bertanya atau mencari-cari di internet dan sebagainya. Info-info seputar penerimaan mahasiswa baru, ujian masuk, SNMPTN harus kita cari sebanyak-banyaknya (Info seputar universitas dapat dilihat dengan meng-klik website universitas tersebut pada blog ini di subtitle "Link Kampus"). Untuk itu, kita harus berjuang bersama-sama. Cari solusi yang tepat. Mari berjuang bersama-sama!! Kita pasti bisa!! Dengan do'a dan ikhtiar insya Allah kita dapat menghadapi ini semua. Selamat Berjuang!!

2 komentar:

Rio mBollo 18 Desember 2008 pukul 22.34  

Setubuh bob!! eh, setuju...


kudune dewe sinau max 9 pelajaran ne.e ya...


endonesa kiy mayak oq, utek.e siji kon sinau akeh bgt

Kagome 21 Desember 2008 pukul 15.23  

Bob aku setuju bgt ma ente. Coz anne ndiri jg udah ngerasain gmn rasanya dikasih mapel sgitu banyaknya.Gmn nih Pak Dibyo???anak TK di jepang aje uda bs bwt robot!!Lha Kita???paLagi skrg Qt yg kls 3 nie lagi confused nyari jurusan n PTN.Masehhh aja bngng, pdhl dh sekolah 12 th!!!

salah ngomen Bob...hehe,mlh mlebu nang sik sijine...hehehehehe

About This Blog

Blog ini dibuat pada tanggal 29 Agustus 2008 dengan sebenar-benarnya dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (walah...kaya' proklamasi aja..hehe). Blog ini berisi berita ataupun info-info seputar Indonesia dan kadang-kadang tempat kelahiran blogger...haha. Kenapa judulnya "Forza Indonesia"?? Mengingat Indonesia adalah negara kita tercinta, maka dari itu dan oleh sebab itu, kita harus mendukung kemajuan dan perkembangan Indonesia. Terima kasih kepada pengunjung blog ini. Sering-sering mengunjungi dan jangan lupa kasih comment..hehe. Let's join with me for developing Indonesia!!
Powered By Blogger

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP